Senin, 12 Maret 2012

Tutur becik


Tiada hari tanpa penambahan hasanah, jika tidak seperti itu maka merugilah manusia itu. 

* Misteri kehidupan :

  1. Senang :  orang senang itu orang pandai yang memahami bagaimana mempersiapkan kehidupan masa depannya
  2. Susah   :  orang susah itu orang bodoh yang menyukai kesenangan sesaat dan setelah itu mendapat penyesalan yang dalam, tidak menghiraukan kehidupan masa depannya. 
Semua orang tahu dirinya lahir telanjang tak berdaya dan seberapa lama hidup didunia pasti mati termakan bumi. Penguasa , rakyat, kaya , miskin, lelaki, perempuan sama saja akhirnya di telan bumi. Itu semua menunjukkan hidup didunia terbatas, bisa lama bisa sebentar.

Setelah seseorang mati ditelan bumi disitulah tampak mana yang bodoh mana yang pandai, karena harus mempertanggungjawabkan apa yg dilakukan selama hidupnya.

Aturan hidup yg benar bukan menurut dirinya, tapi sesuai aturan pencipta kehidupan. Orang pandai selalu taat pada Allah swt pencipta alam semesta serta kehidupan didalamnya.

* " FITNAH LEBIH KEJAM DARI PEMBUNUHAN " ( ayat alquran )

Seseorang yang baik duduk santai tanpa permusuhan dengan siapapun dibilang dengan sesuatu yang buruk/hina, dan disebarkan seperti menyebarnya wabah virus ke mana mana tanpa ada yang bertanggungjawab.

Pencetusnya diam dibalik semua orang , maka pefitnah yang mengakibatkan fatal seseorang itu lebih kejam dari para orang dholim yg terang2an membunuhi banyak orang dimana aja berada, lebih kejam dari yahudi yang jelas2 bersikap sebagai musuh.

Seseorang yang terkena fitnah tak tampak lukanya secara lahir, tapi kehancuran hati dan jiwa hanya bisa dirasakan oleh orang yang difitnah. dan kehancuran nama baiknya juga.

Luka badan orang lain bisa membantu menolong, tapi luka karena fitnah bagaimana orang lain akan menolong, kadang sulit untuk menjelaskan bahwa berita yang sedang berjalan tentang dirinya di masyarakat itu adalah fitnah dan tidak benar.

Pahala orang yang difitnah jika sabar akan meraih kemuliaan yang tinggi disisi Allah swt.

* Kalau di hati anda terlintas tergoda syaithon membenci saudara anda yang mukmin, sedang anda susah dengan adanya  rasa benci itu dan anda ingin  menghilangkannya,
caranya doakan saudara mukmin itu setiap habis sholat dengan doa yang baik ,
"agar Allah swt memudahkan urusannya, memberi hidayah padanya, selalu merahmatinya, mengampuni semua dosanya, memberi keselamatan di dunia akhirat , dan memasukkannya dalam golongan orang2 yang sholeh."

Maka akan sirna semua rasa benci anda  yang dipengaruhi syathon dari hati anda.

* Manusia di Dunia ini sangatlah ragam , tapi semua keragamannya terbagi dua :

  1. Mengatur dirinya untuk menaati aturan Sang Pencipta alam semesta.
  2. Mengatur dirinya untuk menjalankan kemauan nafsunya , membuat aturan sendiri tanpa peduli melanggar aturan Allah swt.

* Sorga diciptakan oleh Allah swt hanya satu didalamnya berjenjang , begitu juga neraka hanya satu dan berjenjang juga didalamnya, tujuan manusia hidup pada akhirnya akan masuk salah satu dari dua yaitu sorga atau neraka, orang yang terpandai dan cerdas akan mengejar jenjang sorga tertinggi, Manusia dalam membahas masalah , berjuang, beramal, dan semua kegiatan dalam kehidupan dunia, akan terlihat kwalitas hasratnya dalam memilih tempat di akhir kehidupannya nanti , neraka atau sorga , jika memilih sorga hasrat sorga tingkat bawah atau atas, dan Allah swt membebaskan pada setiap manusia memilih tempat akhir kehidupannya nanti.

* Setiap manusia lelaki maupun wanita diciptakan sebagai makhluk yang berakal ;
 bersama itu juga bernafsi , dan diberi otak untuk berfikir dan mengambil kesimpulan.

Otak yg digunakan berfikir dan menganmbil kesimpulan itu didasari oleh salah satu dari dua yaitu AKAL atau NAFSI .

AKAL seperti dijelaskan oleh sayyidina Ali b Abi tholib karromallahu wajhah :
" AKAL adalah dengannya ARROHMAN (Allah swt) disembah".

dan Beliau karramallahu wajhah juga berkata:
" manusia masuk sorga sesuai takaran akalnya" ,

Sedang nafsi menjadikan manusia bisa berbuat dosa karena menjadi pintu iblis dan syaithon menggoda dan menjerumuskan manusia , bahkan yang namanya jihad akbar adalah melawan hawa nafsunya sendiri,

Setiap manusia ketika berbuat dan berbicara serta berpendapat bisa tengok dirinya sendiri , dasarnya apa ketika berbuat,berpendapat, dan berbicara? dari sumber AKAL atau NAFSI?, semoga bermanfaat

* Kehidupan dunia akhirat ,
lahir di dunia menuju kehidupan akhirat, siapapun itu begitulah perjalanan hidup manusia ,
mau tidak mau begitulah perjalanan hidup,
kesempatan manusia hidup di dunia untuk menentukan bagaimana kehidupannya nanti di akhirat.

Sudahkah bekerja dan menabung memperkaya kehidupan di akhirat?

Kebahagiaan hakiki adalah kesenangan di akhirat.
Kesedihan hakiki yg sangat menyakitkan secara hakiki ya kesedihan di akhirat.

Orang cerdas mengutamakan akhirat.
Di dunia boleh kaya boleh miskin asal di akhirat kaya raya .

* Termasuk dari akhlak yang baik, yang miskin menutupi kekurangannya berusaha tidak ada yang tahu (sangat menjaga kehormatan dirinya), sedang yang kaya betul2 mencari siapa yang membutuhkan bantuan, dan berusaha mengetahui dengan cara apapun walaupun orang yang miskin itu menutupi kekurangannya .
Termasuk kedholiman adalah merusak akhlak yang baik, orang yang menjaga kehormatan dirinya disuruh mengakui kemiskinannya didepan umum. sedang yg kaya hanya memberi pada yang mengakui kemiskinan dirinya saja.

* Iblis dan syaithon sangat gigih, sabar, selalu mengintai tanpa mengeluh dan tanpa jenuh untuk mengoda manusia , jika manusia sedikit terlena saja, tak akan disia-siakannya, maka jika manusia tak sabar , tidak gigih , sering jenuh dan mengeluh dalam menjalankan kebaikan, akan menjadi sasaran empuk iblis dan syaithon.

Kenapa dalam ujian dunia mausia banyak yang tidak tahan?, sebenarnya Allah swt tidak akan mermberi beban pada manusia diluar kemampuan, merasa berat menjalankan ujian kehidupan adalah godaan syaithon pada dirinya, jika manusia tidak sabar dan gigih melawan godaan2nya maka akan dikalahkan dan dijadikan teman setia dalam neraka, dan seburuk-buruk teman adalah syaithon yang tak pernah merasa bersalah menjerumuskan manusia ke neraka.

* Rosulullah saaw telah mengajarkan pada kita agar saling mencintai karena Allah swt, dan benci karena Allah swt, tapi zaman sekarang banyak orang tersiksa disebabkan cinta, kenapa begitu?......
kalau direnungi dan jika setiap orang yang tersakiti karena cinta intropeksi diri, cintanya pasti bukan karena Allah swt, karena setiap ajaran nabi pasti membawa kebahagiaan dunia hingga akhirat.

* Kedewasaan adalah ada pada orang yg tahu nilai kehidupan akhiratnya, lupa akhirat menjadikan seseorang berkehidupan tak mencerminkan kedewasaan.

* Silahkan berilmu banyak, berharta banyak yang halal, hanya dengan kebersihan jantung hati dan jiwa , ilmu dan harta akan menjadi berarti, tapi ingat jantung hati dan jiwa tak akan bisa bersih kecuali dengan ilmu yg membawa kebersihan jiwa dan jantung hati.

Dengan kebersihan jantung hati dan jiwa , manusia tidak akan :
  1. Sombong
  2. Dengki
  3. Kikir
  4. Tutup mata telinga dari kesusahan saudaranya
  5. Licik
  6. Lepas tanggung jawab
  7. Egois
  8. Apatis tidak memiliki kepedulian
  9. Menghina dan melecehkan orang lain
  10. Merugikan orang lain
  11. Menguji orang lain, karena sadar dirinya bukan penguji

dan pasti :

  1. Memiliki ide yang cemerlang
  2. .Bijaksana
  3. Berperilaku dan memiliki tutur kata yang baik , walaupun bukan ahli bahasa yang baik
  4. Menguntungkan dan menyenangkan saudaranya
  5. Sangat peduli lingkungan
  6. Pribadinya bagai pelita yang menyinari setiap jiwa yang dekat dengannya
  7. Suka memberi maaf dan tidak mudah marah
  8. Suka mengalah demi terwujudnya hal yang terbaik.
* Jangan pernah mengharap dari manusia, sesungguhnya manusia yang kamu mengharap darinya itu kemampuannya dari Allah swt, tapi jika Allah swt menentukan hambanya berbuat baik padamu , maka bersyukurlah pada Allah swt dengan membalas budi baik pada hamba itu.
Tiada manusia yang mampu menjaga dirinya dari keburukan atau berbuat baik kecuali dari Allah swt , maka mari bersyukur pada Allah swt yang memberi kemampuan pada manusia , kemampuan menjaga diri dari keburukan dan kemampuan berbuat baik.

* Hati yang bersih akan menghasilkan perangai yang baik , cerdas dan pintar serta tepat jika berpendapat , menjadikan cara berfikirnya benar dan bermanfaat, dan bersih dari licik (licik : yaitu mengemas pendapat dengan logikanya tapi salah serta merugikan orang lain), berlogika dan berfikir itu dikendalikan hati, jika hati bersih maka benar hasilnya, jika hati kotor akan terjadi penyimpangan hasilnya.

* Jangan pernah melakukan sesuatu yang bagimu tiada manfaat, dan jangan melakukan sesuatu yang manusia lain merasa dirugikan olehmu, karena kerugian orang lain disebabkan kamu adalah kerugianmu juga.


* Apa arti sebuah penyesalan tanpa bertobat, apa arti sebuah perbuatan tanpa menghasilkan pahala, apa arti sebuah suka jika membikin duka orang lain, atau apa arti sebuah duka jika menyenangkan orang yang tak perduli dosa.


* Lebih dekat dengan mata air , lebih jernih airnya, lebih jauh dari mata air, kekeruhan yg didapat walaupun dari sumber mata air yg sama.

* Gelap dan kegelapan bukanlah disana tiada cahaya yg terang benderang, seringkali manusia melihat , merasa dengan keterbatasannya, hingga ketika gelap tak melihat apapun.

Dalam kegelapan itu sebenarnya ada cahaya yg terang benderang, karena suatu yg gelap karena ada terang, cahaya jiwa yg mampu menerobos kegelapan segelap apapun, kesesatan adalah ketika jiwa tak memiliki cahaya yg terang, maka hanya akan merasakan , dan melihat dengan keterbatasan,.

Jika sore hari menjelang malam yg gelap manusia mempersiapkan cahaya untuk penerangan malam itu, jika menjelang terbitnya fajar ada sesuatu yg manusia lupakan , yaitu mempersiapkan cahaya hati dan jiwa untuk menerangi gelapnya kesesatan ketika siang hari, begitulah kebanyakan manusia dalam keterbatasannya, melihat sesuatu hanya lahir yg tampak .

* ‎" BENAR " dan " BAIK " adalah yang diridhoi Allah swt dan Rosulnya , bukan yang sesuai dengan selera manusia, bisa juga manusia suka tapi tidak mendapat ridho, bisa juga tidak suka , justru disitu ridho ada.