Sabtu, 14 April 2012

Belajar Nulis Jawa di FACEBOOK

Sangat berbangga bila kita memiliki sesuatu yang berbeda, bukan hanya sekedar beda, tetapi merupakan warisan luhur bangsa ini. Kebanggaan Bapak Jumari adalah ketika Bapak Jumari bisa menikmati font jawa di Facebook. Sehingga Bapak Jumari bisa belajar banyak dan sharing sama teman-teman di FB. Untuk itulah beberapa waktu ini Bapak Jumari habiskan waktunya dengan salah satu group di FB tersebut.

Nguri-uri itulah tujuan utamanya, bukan untuk pamer atau hal negatif lainnya. China memiliki huruf sendiri, Jepang juga, Arab Saudi juga punya, Bangsa Maya dan bahkan negara lainnya, juga memiliki abjad yang berbeda-beda, dan negara Indonesia juga punya, salah satunya adalah huruf jawa. Sudah lama huruf ini hilang dari peredaran bahkan majalah yang menggunakan bahasa jawapun jarang yang memuat huruf ini, andai ada itupun hanya sebagian kecil dari totalitas halaman.

Para Kompasiana yang Bapak Jumari hormati dan sayangi, berkenaan dengan maraknya berbagai aktifitas di dunia maya, maka sebuah group di FB menawarkan anda untuk nguri-nguri huruf jawa. Dan sekarang sudah bisa dilakukan. Dengan catatan, bagi pengguna windows gunakan saja mozilla seri 3.6 atau 4.0 dan jangan terlalu banyak pengaya yang digunakan dalam mozila. Sedangkan bagi pengguna LINUX bergembiralah, karena font ini dibuat oleh Bapak Pavkar dengan menggunakan Linux, untuk mengenal lebih jauh siapa Pak Pavkar silahkan add FBnya di sini dan kenalan sendiri.

Banyak sekali group di FB, dari A-Z, dan ada beberapa group bahasa jawa, tetapi yang paling utama dan benar-benar menggunakan font ini adalah group Sinau Nulis Jawa, anda bisa klik di sini. Di dalam group tersebut sudah bisa anda dapatkan berbagai layanan seperti cara menginstal keyboar dudukov dan font caraka anyar, serta penggunaannya. Tetapi daripada pusing-pusing masuk group, kalau sekedar mau mencoba fontnya bisa anda dapatkan di sini. Dan berhubung font ini juga sangat erat dengan penggunaan keyboard, maka disarankan untuk menginstal keyboardnya juga, anda tidak usah repot mencari, cukup klik di sini dan silahkan download. Kalau sudah, dilahkan ikuti petunjuk panduan instal keyboarnya, anda bisa dapatkan di sini.


Nah pastikan semua sudah terinstal dan font sudah terkopi dengan benar. Mengenai belajar atau penggunaan tombol keyboardnya silahkan download di sini. Nah berhubung semua sudah, tinggal praktek saja kan, dan kalau ingin belajar lebih banyak lagi silahkan kunjungi group di FB, dan jika ada pertanyaan silahkan hubungi FB bapak Pavkar atau FB Bapak Jumari. Ayo belajar nguri-nguri hurufnya nenek moyang kita, sayang kan kita punya huruf tetapi tidak dimanfaatkan seperti negara lain. Terutama bagi para guru bahasa Jawa, malu kan kalau tidak bisa menulis dengan huruf jawa, heehehehehe, soalnya ada itu teman Bapak Jumari yang belum bisa nulis jawa, hehehehehe.

Selain itu anda juga bisa gunakan font ini untuk menulis di dalam blog,  sebagai uji coba adalah blognya Pak Pavkar, anda bisa klik di sini. Halaman blog ini bisa terbaca kalau font Caraka Anyar sudah terinstal di komputer anda. Akan tetapi, sayangnya font ini belum suport untuk Handphone atau perangkat kecil lainya. Maka dengan sangat rendah hati Bapak Jumari berharap teman-teman mau meluangkan waktu buka komputer, hehehehe.

Harapan kami semoga dengan keberadaan font Caraka Anyar dan Keyboar Dukov ini bisa dijadikan bahan bagi teman-teman belajar huruf jawa. Dan sangat membantu sekali para pendidik atau guru khususnya sastra Jawa. Untuk itu kami mengajak teman-teman bersedia untuk download dan sebarluaskan informasi ini. Bagi teman-teman mahasiswa khususnya yang mempelajari sastra jawa dan kebetulan memiliki FB ayo buru-buru bergabung dengan kami.  Semoga semua yang dilakukan oleh rekan-rekan group Sinau Nulis Jawa di FB ini bisa mengembang tumbuhkan greged untuk belajar nulis jawa di Indonesia dan khususnya di Jawa Tengah. Link sudah Bapak Jumari sediakan, tinggal download, hanya butuh waktu kurang dari 30 menit, semua sudah siap terpasang dan tinggal pakai. Silahkan mencoba.

Uji coba huruf jawa di KOMPASIANA lihat di sini.

Sumber informasi dari : Situsnya Bapak Jumari


LINK: